Senin, 23 Oktober 2017

Perubahan Skema Pensiun Menguntungkan Bagi PNS

Perubahan Skema Pensiun Menguntungkan Bagi PNS

Skema Pensiun Berubah, PNS atau Pemerintah yang Untung? - Dukungan Pemerintah selalu ada untuk Kemajuan Dunia Pendidikan, diantaranya memajukan kemampuan para pendidiknya, semangat para guru ini bukan hanya untuk siswa melainkan untuk materi yang mereka ajarkan. Guru menghabiskan demikian banyak waktu bagi anak didiknya, terkadang bahkan lebih daripada orang tua mereka. Kepribadian mereka jelas menular pada anak didiknya. Maka mengembangkan para pendidik menjadi peran utama dalam melonjakkan Dunia Pendidikan itu sendiri. Diantaranya seperti pelayanan tingkat status para guru.

Rencana pemerintah mengubah skema program pensiun pegawai negeri sipil (PNS) mendapat dukungan dari beberapa pihak salah satunya yaitu anggota DPR. Perubahan skema ini dinilai lebih menguntungkan PNS sebab akan mendapat uang pensiun lebih besar. Namun Apakah benar skema Pensiun PNS baru ini menguntungkan rakya? mari kita bahas.

Anggota Komisi XI DPR Donny Imam Priambodo menerangkan, selama ini uang pensiun yang diterima oleh para PNS hanya sebesar 75 persen dari gaji inti. Akibatnya, uang tersebut Tak mencukupi kebutuhan PNS selama masa pensiun dan pemerintah wajib membantu menutupi kekurangan tersebut.
"Selama ini kan memang PNS mengiur, cuma pada saat mereka pensiun dibayarkan 75 persen dari gaji inti. Nah cuma terkadang kala dari yang diiurkan Tak mencukupi saat masa pensiun mereka. Tapi itu bebannya pemerintah, makanya anggaran jadi berat," Ungkap  dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Rabu (23/8/2017).

Selain itu, dengan skema fully funded ini, pemerintah Bisa memastikan besaran anggaran yang wajib dikeluarkan untuk pensiun. Sedangkan bila memakai skema pay as you go,besaran anggaran yang wajib ditanggung pemerintah terlalu besar dan berubah-ubah tiap tahunnya.

"(Iuran pensiun yang dibayar PNS selama ini) Besaran 4,75 persen kalau Tak salah. Itu kalau dibebankan dari gaji inti pemerintah wajib nombok dan besarannya berubah-ubah. Kalau besar, pemerintah wajib mencadangkan untuk itu.‎ (bila fully funded) Pemerintah Turut mengiur dari awal, pada saat PNS itu pensiun dana itu sudah tersedia, sehingga Tak mengganggu anggaran," jelas dia.

Oleh sebab itu, Donny mendukung rencana pemerintah mengubah skema pensiun ini. Sebab skema fully fundeddinilai lebih menguntungkan, bagus bagi PNS ataupun pemerintah.
"Kita dukung yang fully funded sebab besaran uang pensiunnya akan lebih naik, Kalau iuran 4,75 persen dari gaji inti, itu kalau dibayarkan 75 persen saat dia pensiun itu kecil dapatnya. Kalau fully funded dari take home pay maka akan lebih besar," tandas dia.

Nah Dari Keterangan tersebut Bisa disimpulkan kedua belah diuntungkan, Pemerintah diuntungkan sebab Anggaran negara Tak terus terkuras untuk membayar dana Pensiun PNS, demikian juga PNS diuntungkan sebab Bisa lebih banyak mendapat dana pensiun yang dibyarkan Full langsung saat pensiun (Fully Funded). Sehingga Dana Pensiun yang besar Bisa digunakan oleh pensiunan untuk investasi atau usaha lainnya.

0 Komentar Perubahan Skema Pensiun Menguntungkan Bagi PNS

Posting Komentar

Back To Top