Jumat, 24 November 2017

Cara Pendaftaran PPDB Online SMA/SMK Jawa Timur Yang Wajib Kita Ketahui

Cara Pendaftaran PPDB Online SMA/SMK Jawa Timur

Cara Pendaftaran PPDB Online SMA/SMK Jawa Timur - Support Pemerintah selalu ada untuk Kemajuan Dunia Pendidikan, diantaranya melonjakkan kemampuan para pendidiknya, semangat para guru ini Tak hanya untuk siswa melainkan untuk materi yang mereka amalkan. Setiap anak mempunyai kekuatan dan bakat unik mereka sendiri.. Kemampuan mereka akan menular pada anak didiknya. Maka mengembangkan para pendidik menjadi andil utama dalam melonjakkan Dunia Pendidikan itu sendiri. Diantaranya misalnya kemajuan pada kepegawaian para guru.


Cara Pendaftaran PPDB Online SMA/SMK Jawa Timur . Musim Penerimaan Peserta Didik Baru atau yang biasa disebut dengan sebutan PPDB sudah mulai bergulir. Ditandai dengan Pengumuman Kelulusan siswa SMP/MTs, berarti peserta didik sudah mempersiapkan untuk mengikuti PPDB di sekolah yang mereka idam-idamkan. Namun, Untuk mendaftar di salah satu sekolah favorit di Jawa Timur terdapat dua Jalur PPDB yang Bisa Anda ikuti. Jalur yang pertama yaitu jalur Offline, jalur ini terdiri dari jalur Prestasi, Jalur Inklusif, Jalur Bidikmisi dan Jalur Mitra Warta. Sedangkan Jalur yang kedua yaitu jalur Online yang terdiri dari Jalur Publik/ Reguler. Apabila Anda berniat untuk masuk melalui jalur Reguler, Anda Bisa perhatikan Cara Pendaftaran PPDB Online SMA/SMK Daerah Jawa Timur (Jatim) untuk pendidikan SMA/SMK di artikel ini. 

Cara pendaftaran online reguler

Cara Mendaftar lewat PPDB Online SMA/SMK Jawa Timur. PPDB di Jawa Timur Bisa diikuti oleh Peserta Didik lulusan dari wilayah Jawa Timur ataupun dari Luar Jawa Timur. Peserta didik yang ingin mendaftar ke SMA wajib memenuhi prosedur pendaftaran, diantaranya merupakan Telah lulus SMP Sederajat dan mempunyai Ijazah dan Surat Keterangan Lulus dari Sekolah yang disertai nilai ujian nasional untuk lulusan tahun ajaran 2016/2017 dan sebelumnya. Berusia maksimal 21 tahun (pada tanggal 17 Juli 2017) dan Tak sedang terlibat tindak pidana, narkoba, bertato dan bertindik.

Sementara itu Untuk Peserta didik yang ingin melanjutkan ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut: diantaranya merupakan Telah lulus dari sekolah SMP sederajat, mempunyai ijazah dan surat keterangna lulus yang disertai dengan nilai ujian nasional pada tahun ajaran 2016/2017 dan sebelumnya, berusia maksimal 21 tahun dan Tak terlibat dalam tindak pidana, narkoba, bertato dan bertindik. Selain itu peserta didik juga memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan spesifik bidang/program keahlian dari sekolah masing-masing, biasanya mereka wajib mengikuti tes bakat dan minat dan mengikuti tes kesehatan untuk masuk ke salah satu program khususnya di bidang keahlian Teknologi dan Rekayasa, Teknologi Informasi dan Komunikasi. 

Alur Pendaftaran PPDB Online Jalur Reguler

Pada tanggal 5 - 22 Juni 2017,
siswa mempersiapkan dokuman seperti KK, Kartu peserta UN. Untuk peserta lulusan dari luar Jatim wajib menyertakan juga SKHUN. Setelah itu, siswa mendatangi SMA/SMK pilihannya untuk mengambil PIN Pendaftaran dengan membawa dokumen yang disebutkan sebelumnya.

Bagi lulusan tahun 2015/2016, Siswa dianjurkan membuka laman web ppdbjatim.net terlebih dahulu setelah itu memilih kota/kab sekolah tujuan, setelah itu klik menu Ambil PIN. setelah itu isikan data yang diperlukan sesuai dengan form yang disediakan.

Tanggal 3 - 6 Juni,
Siswa dianjurkan membuka halaman web ppdbjatim.net setelah itu memilih kota/kab sekolah tujuan. Klik Menu Pendaftaran, setelah itu masukkan nomor UN dan PIN yang telah didapat dari sekolah sebelumnya. Siswa memilih sekolah pilihannya sesuai dengan ketentuan (siswa hanya boleh memilih satu sekolah SMA/SMK). Setelah itu, Peserta didik mencetak bukti pendaftaran, simpan bukti pendaftaran dengan bagus untuk proses daftar ulang.

Tanggal 7 Juli,
Pengumuman Penerimaan pendaftaran akan ditampilkan di halaman web ppdbjatim.net setelah itu piliah kota/kab sekolah tujuan.

Tanggal 7-8 Juli,
Siswa menjalankan Daftar Ulang di Masing-masing sekolah tempat siswa diterima. Dengan membawa bukti dan berkas-berkas lainnya.


Ketentuan Publik PPDB Jawa Timur
  1. Calon Peserta Didik baru wajib mempertimbangkan jarak tempat tinggal dengan sekolah tujuan.
  2. Calon Peserta Didik hanya diijinkan mendaftar sekali, dan setelah terdaftar Tak Bisa mencabut kembali, untuk setiap jalur pendaftarannya.
  3. Calon Peserta Didik hanya Bisa memilih 1 (satu) jenis sekolah tujuan aja yaitu SMA atau SMK.
  4. Calon Peserta Didik yang diterima di sekolah tujuan, wajib mentaati Aplikasi Wawasan Wiyata Mandala, termasuk ketentuan peraturan sekolah yang berlaku dan membuat surat pernyataan yang ditetapkan setelah itu oleh masing-masing sekolah.
  5. Calon Peserta Didik yang telah diterima (lulus seleksi) wajib mendaftar ulang dengan menyerahkan Asterik bukti pendaftaran sesuai jadwal yang ditentukan.
  6. Apabila Calon Peserta Didik yang diterima Tak mendaftar ulang sesuai jadwal yang ditentukan, Calon Peserta Didik tersebut dinyatakan mengundurkan diri.
  7. Bagi yang sudah diterima di salah satu jalur Tak Bisa mendaftar di jalur yang lain.
  8. Untuk daerah dan program keahlian Eksklusif yang mempunyai kekhususan akan diperlakukan ketentuan tersendiri.
  9. Kartu Keluarga (KK) yang digunakan untuk syarat kelengkapan pendaftaran merupakan KK yang diterbitkan sebelum 1 Januari 2016.
  10. Penerimaan Peserta Didik Baru dengan sistem Online di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur untuk Tahun Pelajaran 2017/2018 pada SMA, SMK, dan SLB Tak dipungut biaya.
  11. Untuk penentuan hasil offline dilakukan penetapan oleh Tim Verifikator sekolah SMA/SMK Negeri diketahui Kepala Cabang Dinas.

0 Komentar Cara Pendaftaran PPDB Online SMA/SMK Jawa Timur Yang Wajib Kita Ketahui

Posting Komentar

Back To Top