Minggu, 03 Desember 2017

Apa Resiko Jika Dapodik 2018 Tidak Singkron

Apa Resiko Jika Dapodik 2018 Tidak Singkron

Apa Resiko Jika Dapodik 2018 Tidak Singkron - Dukungan Pemerintah selalu ada bagi Kemajuan Dunia Pendidikan, diantaranya memajukan kemampuan para pendidiknya, semangat para guru ini Tak hanya bagi siswa melainkan untuk materi yang mereka ajarkan. Guru menysihkan demikian banyak waktu dengan anak didiknya, terkadang bahkan lebih daripada orang tua mereka. Kemampuan mereka akan menular pada anak didiknya. Maka mengembangkan para guru menjadi peran utama dalam melonjakkan Dunia Pendidikan itu sendiri. Antara lain misalnya kemajuan pada kepegawaian mereka.


Di Tahun Pelajaran 2017/2018 terdapat Anggaran baru terkait Sinkron Aplikasi Dapodik, sebagaimana yang saya kutip dari laman resmi dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Bagi sekolah yang Tak menjalankan sinkron aplikasi dapodik hingga tanggal 14 Agustus 2017 maka sekolah tersebut akan dihapus oleh sistem sebab dinyatakan Tak aktif. 

Dampaknya merupakan Otomatis sekolah tersebut Tak akan menemui bantuan apapun dari pusat, sebab seperti yang kita ketahui bersama, semua bantuan bagus itu Dana BOS, PIP, DAK dan lain sebagainya berdasarkan dari sinkron Aplikasi dapodik.

Berikut Edaran resminya dari http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/


Yang terhormat,
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi
Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota
Kepala Sekolah SD, SMP, SLB, SMA dan SMK
Operator Dapodik
Di Seluruh Nusantara

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah senantiasa menjalankan pemantauan terhadap kelengkapan dan kualitas data-data satuan pendidikan pada sistem pendataan Dapodikdasmen. Hal ini dilakukan untuk mendukung kelancaran penggunaan data-data tersebut dalam berbagai transaksional di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, seperti BOS, PIP, tunjangan, dan lain-lain. Dan dari hasil pemantauan per-31 Juli 2017 diketahui sejumlah satuan pendidikan belum/Tak menjalankan sinkronisasi Aplikasi Dapodikdasmen untuk memutakhirkan data-datanya.
Menindaklanjuti hal tersebut, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah mengeluarkan Surat Nomor: 4578/D.D1/TU/2017 Hal : Penyampaian daftar Satuan Pendidikan yang Tak menjalankan sinkronisasi. Dalam surat tersebut, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah menyampaikan kepada seluruh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota hal-hal sebagai berikut:
Dalam rangka mendukung Aplikasi ketentuan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 79 Tahun 2015 mengenai Data inti Pendidikan (DAPODIK), kami sampaikan bahwa salah tugas dari satuan pendidikan merupakan menjalankan pemutakhiran data dengan cara berkala sekurang-kurangnya satu kali dalam satu semester. Bersama ini kami kirimkan data satuan pendidikan di wilayah Saudara yang Tak menjalankan sinkronisasi selama tiga semester terakhir (data terlampir).
Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon konfirmasi Saudara mengenai keaktifan satuan pendidikan dimaksud. Bagi satuan pendidikan yang masih beroperasi diharapkan Cepet menjalankan sinrkonisasi paling lambat tanggal 14 Agustus 2017. Apabila satuan pendidikan Tak menjalankan sinkronisasi hingga batas waktu yang ditentukan ini kami anggap satuan pendidikan dimaksud sudah Tak aktif/Tak beroperasi, sehingga akan dilakukan soft delete (hapus) dari sistem Dapodikdasmen. Untuk konfirmasi dan informasi lebih lanjut Bisa melalui surel: datin.pdm@kemdikbud.go.id.
Selanjutnya kepada Bapak/Ibu Operator Dapodik Bisa menyiapkan data-data awal untuk pemutakhiran data Tahun Ajaran 2017/2018 Semester 1 yang nantinya dientri pada Aplikasi Dapodikdasmen versi baru yang akan Cepet dirilis. Pengumpulan data awal Bisa memanfaatkan formulir yang telah disediakan pada Aplikasi Dapodikdasmen versi-versi lama (juga dilampirkan pada pengumuman ini). Pada Aplikasi Dapodikdasmen versi baru nanti cukup banyak pembenahan dan fitur baru, maka sebagai persiapan kami lampirkan juga daftar perubahan-perubahan pada Aplikasi Dapodikdasmen versi baru.
Demikian informasi yang kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu serta teman-teman operator sekalian, kami ucapkan terima kasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Salam Satu Data,
Admin Dapodikdasmen


Lampiran:
Formulir Pendataan (formulir sekolahformulir PTKformulir siswa)

0 Komentar Apa Resiko Jika Dapodik 2018 Tidak Singkron

Posting Komentar

Back To Top